July 9, 2012

Sawo Duren / Sawo ijo...?


Sawo Duren / sawo ijo.... kosakata dan nama variant buah-buahan baru yang masuk dan ter-save dalam memory otak saya sejak sekitar 2 minggu yang lalu............
Berawal dari menanam biji, yang dikasih sama bibi saya yang katanya adalah biji pohon sawo, tapi cepat berbuahnya dan pendek.
singkat cerita pohon sawo dari biji tersebut tumbuh sampai sekarang, dengan tipikal pohon dan daun mirip dengan pohon sawo secara keumuman, dengan ketinggian kurang lebih  3 meteran.




sekitar 2 bulanan yang lalu kalau tidak salah, pohon tersebut berbunga dan kemudian mulai berbuah, walaupun tidak banyak hanya beberapa buah saja.
Satu hal yang membuat saya agak heran dan penasaran, koq buahnya ga sama dengan buah sawo yang biasa saya lihat dipekarangan orang, pohon dan daun mirip tapi buah koq beda... kalau sawo sawo biasa buah berwarna coklat dengan bentuk lonjong, tapi sawo ini koq warnanya hijau dan bentuknya opal.






Dengan berbekal rasa penasaran akhirnya saya mencoba mencari tahu melaui media internet, apa sih nama buah tersebut, kalau memang sawo, sawo apa namanya.. kalau bukan jenis sawo, buah apa namanya....
setelah berputar-putar mencari referensi dari internet dengan senjata pamungkas Gogling, akhirnya ketemu juga, ternyata buah tersebut masih jenis atau keluarganya sawo, ada yang menyebutnya  Sawo Duren / sawo ijo , dan istilah kerennya cainito.
Sekarang timbul kepenasaran saya yang baru, rasanya seperti api sih buah tersebut...., tunggu sampai buah tersebut matang..he..he...

No comments:

Post a Comment