July 9, 2012

Babasaran (Murbei) Part.2


Akhirnya setelah kurang lebih 10 Hari, stek-an murbei yang jumlahnya belasan mulai bertunas, hampir 90% tumbuh tunas, mudah-mudahan 100%, mungkin agak telat. Alhamdulillah hasil dari ketekunan menyiram tanaman terbayarkan juga..

Batang murbei yang saya stek saya ambil dari pinggir sungai/sawah di daerah Mengger, belakang STT Telkom. Pohonnya belum terlalu tua, namun sayang malah ditebang, ga tau sama siapa, mungkin biar ganggu irigasi dan rantingnya ga gangu jalan yang memang agak sempit (kiri : sawah, kanan : sungai/irigasi).
Saya mengambil kurang lebih 12 potong dahan dengan panjang kira-kira 20 cm, dengan diameter sebesaran batang rokok s**p***na m**d. 6 batang saya stek secara utuh (Tanpa dipotong) sedangkan sisanya saya potong-potong menjadi 2 bagian.
Dari hasil stek-an dengan 2 macam/type panjang yang berbeda, diperoleh hasil yang berbeda, stek-an yang pendek (batang yang dipotong menjadi 2 bagian) justru lebih cepat pertumbuhan tunasnya daripada stek-an yang panjang batang tidak dipotong), logika saya kalau lebih pendek asupan makanan dari tanah lebih cepat (maklum ga ada pernah sekolah pertanian, ngandelin logika ama gogling,he..he..).

see you on next post and update.................

No comments:

Post a Comment